Selasa, 08 Juli 2014

Sampah

Pernah gak sih kita mikir sampah yang ada di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) itu pada diapaain. Sampah2 di TPA ternyata pertama di pisahin dulu antara sampah organik (makanan dll) sama yg anorganik (plastik dll). Habis itu sampah yang organik di jadiin kompos di beberapa TPA. Sedangkan sampah yang anorganik ternyata di timbun atau gak didiemin kayak gitu aja. Kaget gak sih? Berarti sampah plastik yang katanya gak bisa hancur dalam ratusan taun itu di timbun kayak gitu aja. Bener2 merusak lingkungan banget. 

Untungny sekarang makin banyak yang concern sama sampah plastik ini, udah banyak penelitian buat ngubah plastik ini jadi minyak yang setara solar. Katanya make proses pirolisis. Moga2 bisa membuahkan hasil terus bisa dijadiin produk massal.

Kalo di negara maju kayak Jepang ternyata, sampah2 plastik dan anorganik lainny, mereka bakar diatas suhu 800 derajat celcius, terus jadi gas panas yang bisa ngegerakkin turbin buat ngehasilin listrik. Sisa pembakaranny yang berupa abu volumeny bisa sampe 1/20 dari volume awalny, dibuang di tempat pembuangan akhir. Karena udah dalam bentuk abu udah jadi ramah lingkungan. 

Moga2 negara kita juga bisa maju jadi bisa mikirin masalah sampah dengan mudah sambil ngeliuarin dana besar2an buat bikin perusahaan pengolahan sampah, mau itu dibakar terus jadi liatrik ataupun dibakar terus jadi minyak ga papa yang mana aja. Yang penting sampah2 plastik yang gak bisa terutai itu bisa ga merusak lingkungan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar