Rabu, 02 Oktober 2013

Penelitian-Part 1

Tidak kerasa sekarang sudah menjalani tahun terakhir d3 di Jepang. Gak jauh berbeda dengan di Indonesia, di Jepang juga harus melalui yang namanya penelitian dan penulisan skripsi untuk bisa lulus. Dan yang jadi momok, karena program saya full japanese course artinya seluruh tulisannya harus ditulis dengan menggunakan bahasa Jepang. Make bahasa indonesia aja susah, apalagi bahasa Jepang. hmmmm

Penelitian yang saya ambil untuk kelulusan ini bertema seputar Solar Panel yang tidak menggunakan bahan baku silikon. Untuk yang belum tau tentang solar panel saya kasih sedikit gambarannya. Kalau ada yang salah tolong koreksi ya. Hehehehe

Solar panel itu adalah alat yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Dengan menggunakan sifat dari bahan semiconductor, bagian yang terkena sinar matahari akan terbentuk elektron yang menjadi awal terjadinya listrik. Kalau mau lebih jelasny bisa dilihat di wikipedia, kalau masih belom jelas lagi, tanyain langsung dengan koment dibawah. Kalau bisa saya jawab nanti dijawab dengan sejelas-jelasny. Hehehe

Lanjut lagi, semenjak pertama kali di temukan, Solar panel menggunakan bahan utama yaitu Silikon. Kalau ga salah efficiency terbesar yang pernah di dapet dengan bahan silikon bisa sampe 20-25 persen. Artinya apa, energi matahari yang terpaparkan di solar panel 1/5 sampai 1/4 nya dirubah kedalam energi listrik.

Wiii, kereen kan. Coba banyangin kalo di Indonesia dipasangin di tiap rumah, bisa ga krisis energy lagi. Terus kenapa ga dipasang di tiap rumah? Nah kendalanya adalah biaya. Untuk membuat Solar Panel memerlukan biaya ga sedikit yang akhirnya barangnya pun menjadi mahal dan kita ga sanggup buat belinya. Kalau ga percaya coba cari di google harga panel surya berapa. Mahal kan? hehehhe

Nah untuk itu saya bertekad suatu saat nanti harga panel surya bisa terjangkau sehingga makin banyak orang yang pakai dan makin bisa mengurangi masalah energy di Indonesia. Makanya saya memilih tema ini sebagai penelitian akhir saya. Doain bisa lancar terus ya.. Hehhee

Biar ga bosen juga bacanya, nanti bakal saya update terus perkembangan dri penelitian akhir saya ini...
Dibaca terus ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar