Selasa, 01 Oktober 2013

Communication Engineering - Leson 1

Hampir semua alat digital yang kita punyai sekarang melakukan peneriman dan penyaluran signal. Pengiriman sinyal secara umum terbagi menjadi dua cara yaitu pengiriman secara analog dan pengiriman secara digital. Pengiriman secara analog yaitu pengiriman signal yang secara kontinue berubah berubah nilainya, atau lebih mudahnya pengiriman signal yang seperti grafik kosinus, sinus atau campuran dari keduanya. Sedangkan pengiriman sinyal digital berarti pengiriman angka [0] atau angka [1] saja. Data yang berupa suara, musik, gambar, ataupun video semuanya bisa dirubah kedalam sinyal analog maupun sinyal digital. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar sinyal analog dan sinyal digital  dibawah ini.

  sumber : google

 Pengiriman sinyal juga bisa melalui 2 perantara, yaitu melaui udara (wireless/tanpa kabel) dan menggunakan kabel. Pengiriman menggunakan kabel yang terkenal saat ini yaitu melalui viber optik. Mengenai viber optik akan dijelaskan di pembahasan selanjutny. 

Masih banyak lagi hal-hal yang kita belom ketahui lagi, seperti apa itu sebenrnya signal, kenapa data harus dikirim melalui signal, kenapa data bisa digambarkan kedalam angka 1 dan 0, dan kenapa kenapa lainnya. Karena keterbatasan waktu juga, semua akan dibahas dilaen kesempatan. Jadi stay tune ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar