Minggu, 01 Februari 2015

Ketika Malas menyerang

Ada kalanya kita rajin sekali sehingga kita puas akan kegiatan sehari-hari kita yang full dari pagi hingga malam. Tapi, tidak semua hari bakal terus berjalan seperti yang kita rencanakan. Ada kalanya juga yang entah kenapa kita merasa gak mau ngelakuin apa-apa di hari itu. Padahal setumpuk tugas dan deadline lainnya menunggu.

Ketika rasa malas menyerang ada beberapa tips yang kadang kalanya saya lakuin, Tapi gak semua nya bisa berjalan mulus juga. Rasa malas itu tetap ada walaupun berhasil dikurangi. Tips yang pertama, kerjakan sesuatu yang bukan dalam list tugas ataupun deadline-deadline yang menunggu. Kerjakan sesuatu yang bisa membuat badan kita bergerak tapi kita sedikit senang buat ngelakuinnya. Seperti masak masakan yang enak, maen basket sama temen-temen, nelfon temen yang udah lama gak pernah dihubungi, ataupun hal-hal yang berbeda dari rutinitas harian kita. Setelah berhasil membuat badan kita sedikit bergerak, maka mandi untuk menyegarkan badan. Biasanya setelah itu akan timbul keinginan kita mengerjakan tugas ataupun deadline yang menunggu.

Kadang kalanya, tugas-tugas yang kita gak mau kerjakan, bukan sepenuhnya karena kita gak mau ngerjainnya, tapi karena kita ngerasa tugas itu terlalu sulit untuk dikerjakan. Membayangkan kita mengerjakannya saja udah ngebuat kita ngerasa tidak nyaman dan makin malas untuk mengerjakannya. Untuk itu, ketika badan kita udah kita kasih pemanasana dan penyegaran, kita bisa masuk ke tips kedua, yaitu mengerjakan tugas ataupun deadline dari yang paling mudah untuk dikerjakan dulu. Kerjain yang kira-kira bisa ngebuat mood kita naik karena kita bisa ngerjain tugas dengan cepat. Kalau ternyata seluruh tugasnya susah semua, mungkin kita bisa membaginya menjadi target target kecil lagi yang kita rasa kita mampu untuk mengerjakannya.

Itu tadi dua tips yang temen-temen mungkin bisa lakuin supaya bisa produktif menjalankan hari yang malas. Tapi, kalau emang rasa malas itu sudah tidak bisa dikalahkan lagi, ga ada salahnya temen-temen untuk bermalas-malasan di hari itu. Karena malas itu hanya sebuah siklus yang akan berganti dengan berjalannya waktu. Lagian, secara naluriah pun, ketika ada tugas yang bener-bener urgent untuk dilakuin, badan kita bakal secara otomatis ngerjain tugas itu di waktu yang mepet. Walaupun kadang gak maksimal tapi ujung-ujungnya nya tugas yang urgent tadi bakal selesai tepat waktu.

1 komentar:

  1. huaha gw bgt ni bar! klo dah mepet bru jalan wkwkwk
    tp bener c klo lg males mesti gerak dl, tp kdg bwt gerak pun males lol

    BalasHapus